4 Metode Hidup Lebih Sehat Bagi Para Gadis Remaja

Hidup sehat merupakan hal yang didambakan semua orang. Para remaja, terutama gadis-gadis pada umumnya juga sangat memperhatikan kesehatan tubuh mereka. Padahal, sehat tidak hanya dilihat dari seberapa langsing tubuh nya atau seberapa putih dan bersih kulitnya. Sehat dilihat juga dari mental dan perilaku seseorang. Mental yang positif serta perilaku yang tidak menyakiti diri sendiri maupun orang lain merupakan salah satu ciri-ciri remaja yang dapat dikatakan sehat. Berikut merupakan 4 Metode utama untuk gadis-gadis remaja agar tetap sehat.

  1. Membangun Kebiasaan Hidup Sehat

Pilih makanan yang sehat. Makanan adalah bahan bakar untuk tubuh dan otak. Jadi pilihlah bahan bakar yang baik. Kurangi makanan tinggi gula, garam, dan lemak. Hindari makanan cepat saji, makanan kaleng dan olahan, dan kue kering dari toko serba ada seperti makanan cepat saji, gorengan, dan keripik kentang. Pilih camilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, seledri, dan keju rendah lemak. Jangan lupa untuk selalu minum air putih dengan teratur minimal 7 gelas sehari, dan kurangi minum-minuman berwarna serta dengan pemanis buatan. Jika Anda tidak tahu bagaimana memulai diet yang sehat, bicarakan dengan dokter atau ahli gizi Anda, atau lihat juga di internet yang juga banyak memiliki informasi terkait hal ini. Atur juga jam makan dengan baik. 

Selalu usahakan untuk tidur 8–10 jam setiap malam. Tidur yang cukup dapat memperbaiki perhatian, fokus, dan suasana hati. Tanda-tanda kurang tidur adalah sulit bangun di pagi hari, tertidur di kelas, susah berkonsentrasi, atau merasa tidak enak hati atau tertekan. Atur jam tidurmu dengan baik, dengan mengusahakan sudah tidur pukul 10-11 malam. Hindari mengkonsumsi kafein pada jam tersebut agar dapat tidur dengan mudah dan nyenyak. 

 Berolahragalah tiga sampai lima kali per minggu. Olahraga akan menambah energi, memperbaiki perasaan, dan mengurangi stres.Usahakan berolahraga 20–30 menit, sebaiknya sampai satu jam. Olahraga aerobik, yang memompa jantung dan meningkatkan nafas, seperti lari dan berenang, bagus untuk jantung dan kesehatan secara keseluruhan. Kamu juga bisa melakukan olahraga khusus yang menargetkan area tubuh tertentu, seperti latihan untuk mendapatkan perut atau kaki yang kuat. Supaya tetap disiplin, gunakan bantuan aplikasi atau trainer yang dapat mengingatkan agar tidak lupa berolahraga. Selain itu, pilihlah olahraga yang bervariasi agar tidak bosan. Juga, jangan memaksakan olahraga tiap hari, tetapi aturlah dalam seminggu berapa kali. Tujuannya Agar tidak merasa kelelahan dan menyerah di awal.

Bagi remaja putri, penting untuk  selalu mewaspadai kesehatan kulit, termasuk kulit yang mudah terbakar sinar matahari. Anda mungkin berpikir kulit gelap lebih cerah, tetapi matahari sangat buruk bagi kulit Anda. Sinar matahari dapat menyebabkan keriput dan kanker kulit. Kenakan tabir surya spektrum luas dengan SPF 15 atau lebih tinggi setiap kali Anda pergi keluar, dan biasanya kenakan SPF 30 atau lebih tinggi pada wajah yang  paling sering terpapar sinar matahari.

  1. Merawat Diri Agar Tetap Bersih dan Sehat

Mulai kebiasaan untuk selalu membersihkan tubuh Anda. Buat rutinitas yang harus anda ikuti setiap hari. Rutinitas tersebut diantaranya, selalu mandi setiap hari dan membersihkan rambut dengan teratur. Jika rambut Anda berminyak, Anda mungkin  perlu mencucinya setiap hari atau dua hari. Jika tidak, Anda bisa mencuci rambut 2-3 kali seminggu untuk mencegahnya mengering. Sikat gigi 2-3 kali sehari saat bangun, dan pada malam hari sebelum tidur. Juga, sikat lidah Anda dengan benang gigi setiap hari. Kenakan deodoran setiap hari, mandi setelah berkeringat, dan kenakan pakaian bersih untuk meminimalkan bau badan. Kenakan bra dan pakaian dalam yang bersih setiap hari.

Perhatikan kebersihan dan kesehatan di wajah, dada, atau punggung.Hal ini untuk mencegah serta mengantisipasi munculnya jerawat. Mintalah obat kepada dokter jika jerawat parah. Kalau tidak, gunakan produk perawatan kulit hipoalergenik bebas minyak dan pembersih wajah lembut setiap hari. Cuci wajah di pagi hari dan malam sebelum tidur. Hal lain yang perlu diingat agar jangan berlebihan merias wajah ketika kulit berjerawat agar pori-pori tidak tersumbat.

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Memiliki sikap percaya diri dan selalu berpikir positif sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Jangan berkecil hati atau memikirkan apa yang orang pikirkan. Apa yang terjadi di kepala Anda mempengaruhi perasaan Anda dan cara Anda memandang dunia di sekitar Anda. Jika Anda membuat kesalahan, katakan dalam hati bahwa  “Saya hanya manusia” alih-alih “Saya gagal”.  Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Itu bisa membuat Anda putus asa dan melupakan kekuatan Anda sendiri.  Jangan iri terhadap semua orang di internet yang kelihatannya sangat bahagia. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki masalah dan kesulitan, mungkin mereka juga berusaha terlihat lebih bahagia daripada yang sebenarnya.

Mengembangkan keterampilan manajemen waktu. Bagi para remaja akan banyak hal yang harus diperhatikan, seperti sekolah, pekerjaan rumah, teman, keluarga, pekerjaan, pacar, dan waktu pribadi. Jika memiliki keterampilan manajemen waktu para gadis remaja dapat menyelesaikan sesuatu dengan tenang tanpa kelelahan dan tidak khawatir berlebihan tanpa perlu panik. Panik, lelah, depresi, dan rasa bersalah akibat suatu kegiatan yang tidak bisa dilakukan dapat memicu stres. Ketika stres, dapat berpengaruh ke tubuh yang bisa menimbulkan  sakit kepala dan sakit perut, kurang tidur, memikirkan hal-hal negatif, tidak menikmati apa yang biasanya Anda nikmati, dan membenci orang lain yang berada di sekitar anda. Hal ini tentu sangat tidak bagus untuk kesehatan mental para remaja. 

Hal terakhir yang terpenting dalam menjaga mental ialah selalu terima diri apa adanya. Jangan pernah merasa iri dengan orang lain karena hal ini dapat memicu stres dan sebagainya. Ingat, bahwa semua orang diciptakan dengan kelebihannya masing-masing. Saat, kamu mulai susah untuk menerima diri apa adanya dan bahkan berpikir untuk menyakiti diri sendiri, segera cari orang terdekat yang kamu percayai atau segera ke psikiater yang pasti akan membantumu dengan segenap hati.

  1. Memiliki Pergaulan yang Sehat

Pergaulan yang sehat berarti lepas dari pergaulan zaman sekarang yang sangat bebas.  Dimulai dari minum alkohol di usia remaja yang jangan dilakukan karena dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan otak. Tidak hanya itu, studi menunjukkan bahwa banyak minum alkohol berdampak negatif pada kesehatan dan kebaikan calon anak di masa mendatang.Jauhi alkohol sampai setidaknya usia 21 tahun. Ini bukan hanya untuk menghindari masalah hukum, tetapi juga memberi kesempatan pada otak untuk berkembang sepenuhnya.  Selain itu jangan mengemudikan kendaraan saat anda terpaksa minum atau ikut di mobil yang dikemudikan orang yang minum alkohol. Jika Anda minum, pulanglah dengan orang yang bangun atau telepon teman atau orang tua untuk menjemput Anda. Pilihan lain adalah taksi atau ojek online yang sekarang sudah banyak tersedia.

Jangan menggunakan obat-obatan. Obat-obatan memiliki efek negatif pada tubuh dan pikiran. Ganja mengganggu memori dan konsentrasi. Obat penenang seperti barium dapat menahan napas Anda. Stimulan seperti kokain menekan jantung dan menyebabkan delusi. Opioid seperti heroin dan resep obat penghilang rasa sakit bersifat adiktif dan menyebabkan masalah penyalahgunaan zat. Narkoba mungkin terlihat menarik, tetapi tidak sebanding dengan risiko hukum, fisik, dan mentalnya. Begitu juga dengan rokok yang sangat adiktif agar dihindari. Merokok menyebabkan kasus kematian yang sebenarnya lebih banyak daripada narkoba, dan jika dimulai, kamu akan sangat sulit berhenti. Merokok sangat buruk walaupun saat ini kamu sehat. Rokok dapat meningkatkan risiko asma dan infeksi paru-paru, mengurangi kemampuan berolahraga, merusak gigi dan menimbulkan bau napas, dan membuat pakaian berbau asap. Terutama untuk para gadis remaja, merokok juga berpotensi menyebabkan gangguan pada rahim atau calon anak nantinya.

Terakhir sesuatu yang semakin berkembang di zaman sekarang yaitu penggunaan internet. Harap berhati-hati saat menggunakan Internet. Saat ini, semua orang terhubung ke internet. Ini adalah alat yang hebat untuk tetap berhubungan dengan teman dan mengikuti berita dunia, tetapi risiko selalu ada. Ada banyak contoh intimidasi online yang mempengaruhi kaum muda. Juga, ingatlah bahwa semua yang Anda masukkan ke Internet akan selalu dilihat orang. Jangan sekali-kali memasukkan informasi pribadi seperti alamat rumah, nomor BPJS, atau informasi pribadi lainnya. Predator akan dapat menggunakan Anda jika mereka menemukan informasi pribadi ini. 

Nah, itulah beberapa tips untuk gadis-gadis agar hidup lebih sehat! Kalau kamu ikutin tips-tips diatas, yakin kamu akan sehat dan juga makin cantik tentunya. Untuk tips-tips lainnya tunggu di artikel berikutnya ya!